Opini

Pilot Project Penguatan SPI Itjen Kemenag demi terciptanya Good University Governance di UIN SATU Tulungagung

Avatar
  • November 29, 2023
  • 3 min read
  • 45 Views
Pilot Project Penguatan SPI Itjen Kemenag demi terciptanya Good University Governance di UIN SATU Tulungagung

Dr. H. Ahmad Yunus, M.Pd.I. – Kepala SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

Tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI melakukan sekuensi kunjungan ke UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dalam beberapa pekan yaitu melalui program pilot project penguatan Satuan Pengawasan Internal (SPI) PTKN. Program ini merupakan suatu inovasi yang digagas Itjen Kemenag demi terciptanya Good Governance University atau sebuah sistem pemerintahan transparan, akuntabel serta excellent service. Untuk terwujudnya tujuan tersebut, tim Itjen Kemenag melakukan kunjungan selama empat pekan yang berbeda dengan berbagai tim yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang pengawasan.

Kunjungan pekan pertama tim Itjen Kemenag dimaksudkan untuk memetakan kapabilitas SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Kegiatan kali ini difokuskan pada pemetaan evidence serta resources yang dimiliki oleh tim SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Tim Itjen Kemenag mencoba untuk melihat seberapa jauh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh tim SPI UIN SATU Tulungagung serta memetakan sumberdaya yang dimiliki demi menciptakan sistem pengawasan yang kompatibel.Posisi SPI di PTKN yang berada langsung dibawa Rektor menjadi sebuah opportunity bagi tim Itjen untuk membuat komitmen demi mendukung kinerja dalam bidang pengawasan. Maka dari itu, Tim Itjen melakukan kunjungan pada pekan selanjutnya yaitu mencoba untuk membuat kesepakatan serta komitmen-komitmen yang seharusnya dilakukan oleh baik tim SPI maupun Rektor sebagai pimpinan tertinggi dalam Universitas dimana tentu dengan adanya dokumen tersebut akan memperkuat kinerja SPI dalam sistem pengawasan non akademik kampus.

Implementasi penguatan SPI tentu harus dilakukan pada tahap selanjutnya oleh Tim Itjen Kemenag RI. Maka dari itu, pada pekan ketiga tim itjen melakukan kunjungan untuk melihat secara practical seperti apa cara kerja SPI dalam melakukan pengawasan. Beberapa dokumen yang sudah dibuat di pekan sebelumnya menjadi titik acuan dalam bidang pengawasan baik itu reviu maupun audit.

Evaluasi merupakan sebuah kegiatan penting dalam sebuah program untuk mengukur seberapa jauh implementasi dari program penguatan SPI ini. Pada pekan terakhir program pilot project ini, Tim Itjen melakukan evaluasi terhadap berkas serta dokumen yang telah dibuat dan kegiatan diimplementasikan oleh tim SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Hasilnya Tim SPI Tulungagung sudah mencapai level 2 dalam sistem pengawasan dimana itulah yang diharapkan oleh tim Inspektorat Jenderal Kemenag RI sehingga SPI bisa menjadi garda terdepan untuk terciptanya instansi yang kredibel.

Kesimpulannya, program pilot project penguatan SPI oleh tim Itjen Kemenag RI ini seperti sebuah support system yang nyata bagi tim SPI UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dimana pendampingan yang dilakukan oleh tim Itjen semakin memperkuat peran serta posisi di hierarki kelembagaan. Dengan penguatan SPI ini juga otomatis juga akan memperkuat UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. SPI makin kuat, PTKIN makin hebat.

Avatar
About Author

Redaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *