Fikih

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis dengan Manfaatnya dalam Kesehatan

Avatar
  • September 13, 2023
  • 2 min read
  • 61 Views
Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis dengan Manfaatnya dalam Kesehatan

Puasa adalah salah satu ibadah yang dianjurkan dalam agama Islam. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, terdapat juga puasa sunnah yang bisa dilakukan di hari-hari biasa. Salah satu puasa sunnah yang dianjurkan adalah puasa sunnah senin kamis. Puasa sunnah senin kamis memiliki keutamaan tersendiri dan juga memberikan manfaat dalam kesehatan kita.

Keutamaan puasa sunnah senin kamis adalah mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Rasulullah SAW pernah bersabda, “Aku ditunjukkan amal perbuatan umatku, dan aku melihat sebagian besar amal perbuatan umatku adalah pada hari senin dan kamis.” (HR. Tirmidzi). Dengan melakukan puasa sunnah ini, kita bisa mendapatkan pahala tambahan yang besar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tidak hanya memiliki keutamaan, puasa sunnah senin kamis juga memberikan manfaat dalam kesehatan kita. Puasa dapat membantu membersihkan racun yang ada dalam tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika kita berpuasa, tubuh akan membakar lemak dan kalori yang terakumulasi dalam tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Puasa sunnah senin kamis juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi. Dengan mengatur pola makan dan puasa secara teratur, kita dapat menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol dalam batas normal. Hal ini dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit kronis yang dapat membahayakan kesehatan kita.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan puasa sunnah senin kamis sebagai rutinitas dalam kehidupan sehari-hari. Selain mendapatkan pahala yang besar, kita juga dapat menjaga kesehatan tubuh. Mari kita tingkatkan ibadah puasa sunnah ini dan semoga kita selalu diberikan kesehatan yang optimal.

Avatar
About Author

Redaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *