Fikih Ibadah

Doa Makan dan Sunnahnya dalam Agama Islam

Avatar
  • September 7, 2023
  • 2 min read
  • 63 Views
Doa Makan dan Sunnahnya dalam Agama Islam

Doa makan dan sunnahnya adalah salah satu praktik penting dalam agama Islam. Ketika kita makan, kita dianjurkan untuk berdoa sebelum dan sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan makanan tersebut kepada kita. Berikut ini adalah beberapa doa makan yang dianjurkan dalam agama Islam beserta dalil Al-Quran yang mendukungnya.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan adalah sebagai berikut:

“بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ، الْحَمْدُ لِلَّهِ حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ، اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ. اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حُجَّةً لَنَا وَلاَ تَجْعَلْهُ حُجَّةً عَلَيْنَا وَأَنْزِلْ عَلَيْنَا بَرَكَاتِهِ وَرَحْمَتِهِ وَرِزْقٍ طَيِّبٍ مِنْهُ”

Doa tersebut berarti: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memberi makanan ini kepada kami dan kami berharap makanan ini penuh berkah. Ya Allah, berkahilah makanan ini untuk kami dan berikan kami makanan yang lebih baik darinya. Ya Allah, jadikanlah makanan ini sebagai sumber kekuatan bagi kami dan janganlah menjadikannya sebagai sumber kelemahan bagi kami. Turunkanlah berkah, rahmat, dan rezeki yang baik kepada kami.”

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan adalah sebagai berikut:

“الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِينَ”

Doa tersebut berarti: “Segala puji bagi Allah yang memberi makanan ini kepada kami dan minuman ini kepada kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri kepada-Nya.”

Doa makan dan sunnahnya ini didukung oleh dalil Al-Quran, di antaranya adalah Surat Al-Baqarah ayat 172 yang berbunyi: “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah.” Ayat ini menunjukkan pentingnya bersyukur kepada Allah SWT setelah makan.

Avatar
About Author

Redaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *