Keislaman

Keutamaan Membaca Al-Qur’an : Menenangkan Hati dan Berlipat Kebaikan

Avatar
  • March 16, 2024
  • 2 min read
  • 23 Views
Keutamaan Membaca Al-Qur’an : Menenangkan Hati dan Berlipat Kebaikan

Di bulan yang suci ini umat muslim diberi kesempatan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu kesunnahan yang dapat kita lakukan ketika memasuki bulan Ramadhan adalah membaca Al-Qur’an, sekaligus mengkhatamkannya. Adapun Sahabat Nabi Muhammad yaitu Utsman bin Affan r.a beliau mengatakan “Setiap kali bulan ramadhan saya mampu mengkhatamkan Al-Qur’an dalam satu malam”, masyaallah. Hal tersebut menunjukkan betapa utamanya membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan di samping menjalankan ibadah puasa. 

Keutamaan dalam membaca Al-Qur’an seperti dalam Hadits Nabi “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-qur’an, maka baginya akan mendapat satu kebaikan dari bacaan tersebut. Kemudian satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan” (HR.Tirmidzi dan dishahihkan dalam kitab Shahih Al Jami’, no.6469). Dapat kita simpulkan apabila kita hanya membaca satu huruf saja sudah mendapat 10 kebaikan, misalnya bacaan “yaa siin” yang terdiri dari huruf “ya” dan “Syin” berarti kita sudah mendapatkan 20 kebaikan. 

Adapun dawuh lagi dari beliau Agus H. Ahmad Kafabih dari PP Lirboyo yang menerangkan bahwa, “Orang yang mau membaca Al-qur’an akan diberikan hati yang lapang dan lemah lembut oleh Allah, namun sebaliknya jika ia tidak pernah membersamai Al-qur’an maka dalam kesehariannya akan merasakan sumpek (hati kotor)”. Dari penjelasan tersebut kita dapat menangkap bahwa Al – Qur’an dapat menjadi penyebab bersihnya hati kita. Seperti pula pada penggalan lirik tembang “Tombo Ati” yang salah satunya “Moco Qur’an lan Maknane (Membaca Qur’an dan Maknanya)”. 

Di bulan Ramadhan, Syahrur Qur’an (bulan Qur’an) sangat tepat sekali memaksimalkan dengan membaca Al-Qur’an untuk memetik keutamaan nya. Ketika membaca Al-Qur’an diluar bulan ramadhan saja sudah mendapat pahala yang banyak apalagi jika dibaca di bulan ramadhan, pahalanya akan berlipat-lipat ganda. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan membaca Al-Qur’an. 

Nah, betapa beruntungnya seseorang yang mau membaca, mendalami makna, mengamalkan sekaligus mengajarkan Al-Qur’an. Insyaallah semua kebaikan dan keutamaan akan kita dapatkan, terlebih di bulan yang penuh berkah ini. Tunggu apalagi, mari istiqomah membaca Al-qur’an selagi ada waktu…!

Penulis : Irma 

Editor : Muchamad Rudi C

Avatar
About Author

Redaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *