Peristiwa

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Apresiasi Indeks Kepuasan Haji Indonesia Sangat Memuaskan

Avatar
  • September 20, 2024
  • 3 min read
  • 10 Views
UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Apresiasi Indeks Kepuasan Haji Indonesia Sangat Memuaskan

JAKARTA – Jamaah haji Indonesia merasa puas dengan layanan yang diberikan pemerintah saat musim haji tahun 2024. Hal ini berdasarkan survey yang dilakukan badan pusat statistik (BPS) tentang Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia tahun 2024. Hasil dari survey tersebut sangat memuaskan.

Direktur Sistem Informasi Statistik BPS, Joko Parmiyanto, dalam konferensi pers di Jakarta Rabu (18/9/2024), menyatakan berdasarkan survei yang dilakukan BPS, indeks kepuasan jemaah haji naik dari tahun sebelumnya, yakni mencapai angka 88,2. Pada tahun 2023 pada levelnya adalah 85,83.

“Indeks yang kita dapatkan tahun ini adalah 88,2. Dengan metodologi yang kami gunakan, indeks di atas 85 sudah masuk dalam kategori sangat memuaskan,” ujar Joko Parmiyanto di Jakarta, Jumat (20/9/2024) seperti dikutip dari kompas.com

Joko menjelaskan, kategori tersebut menujukkan bahwa layanan haji yang diberikan pada Jemaah sudah mencapai tangkat kepuasan yang tinggi. Proses survey, kata Joko, petugas BPS menerjunkan tim ke Arab Saudi untuk bertemu langsung jamaah haji. Survei ini mencakup berbagai aspek layanan, termasuk akomodasi, transportasi, serta pelayanan kesehatan selama pelaksanaan ibadah haji.

Menurut survey BPS, sebagian besar jemaah haji Indonesia terdiri dari perempuan dan memiliki tingkat pendidikan tinggi (D4, S1 dan di atasnya), dengan 37,07 persen. Selain itu, banyak jemaah yang berusia di atas 60 tahun, yang menjadi tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan haji. Joko mengatakan kebanyakan jemaah berusia lebih dari 60 tahun, ini tantangan tersendiri dalam pelayanan haji, terutama dari segi kesehatan dan mobilitas.

“Dari tahun ke tahun, indeks ini memang fluktuatif. Ada saat-saat di mana kepuasan meningkat, dan ada juga saat-saat menurun. Tapi tahun ini, dengan angka 88,2, kita berada di level sangat memuaskan,” pungkas Joko seperti dikutip kompas.com.

UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Apresiasi Indeks Kepuasan Haji Indonesia yang Meningkat

Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dalam keterangannya, mengapresiasi pencapaian tersebut. Menurutnya, hasil positif ini merupakan bukti nyata kerja keras Kementerian Agama, khususnya di bawah kepemimpinan Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas.

“Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas, beserta seluruh jajaran Kementerian Agama atas pencapaian luar biasa ini. Kenaikan Indeks Kepuasan Jemaah Haji tahun ini menjadi bukti bahwa penyelenggaraan ibadah haji semakin baik dari tahun ke tahun,” ujar Rektor.

Rektor juga menyampaikan harapannya agar penyelenggaraan haji di tahun mendatang bisa terus meningkat, baik dari segi kualitas maupun layanan kepada jemaah. “Kami berharap, di tahun depan, pelaksanaan ibadah haji dapat semakin optimal sehingga Indeks Kepuasan Jemaah Haji Tahun 2025 dapat meningkat lebih tinggi lagi,” tambahnya.

Kementerian Agama RI terus berinovasi dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh jemaah haji Indonesia. Prestasi ini tentunya menjadi motivasi untuk memperbaiki berbagai aspek pelayanan ke depannya, sehingga seluruh umat Islam yang melaksanakan ibadah haji dapat beribadah dengan khusyuk dan nyaman. (*)

Avatar
About Author

Redaktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *