Peristiwa

Rektor UIN Satu Tulungagung Ajak Dosen Untuk Berpikir Kepentingan Lembaga

Avatar
  • August 16, 2023
  • 2 min read
  • 67 Views
Rektor UIN Satu Tulungagung Ajak Dosen Untuk Berpikir Kepentingan Lembaga

TULUNGAGUNG – Para dosen diajak untuk berpikir tentang lembaganya disamping berpikir tentang karirnya sendiri. Hal ini disampaikan Rektor UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof Maftukhin saat pembukaan Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula di Hotel Crown Tulungagung, Selasa 15 Agustus 2023.

“Saya mengajak bagi dosen selain berpikir tentang karirnya sendiri harus berpikir untuk  pengembangan lembaga,” katanya.

Dia menjelaskan, baik dosen dari Perguruan tinggi negeri ataupun perguruan tinggi swasta harus memotivasi diri agar mengembangkan lembaganya masing-masing. Artinya, jika para dosen-dosen ini berpikir tentang lembaganya sehingga lembaganya menjadi baik dan berkualitas, maka akan berdampak pada dosennya juga.

“Menurut saya, dosen tidak boleh berpikir tentang dirinya sendiri. Semua harus berpikir dan berbuat untuk lembaganya. Ya, jadi harus berpikir sebagai pengelola lembaga. Jika para dosen ini berpikir untuk pengembangan lembaga maka akan membawa lembaga maju. Selanjutnya mahasiswa bisa semakin banyak dan itu akan berdampak pada dosen pula,” terang guru besar bidang Filsafat Islam ini.

Menurutnya, saat ini lembaga Pendidikan Tinggi swasta ataupun negeri sama saja. Justru kata dia, swasta bisa lebih fleksibel tidak banyak terkekang oleh aturan negara. Dengan begitu, bisa terus mengembangkan institusinya untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dia menegaskan bahwa profesi dosen ini tidak bisa dibuat asal-asalan. Sebab, kata dia, dosen adalah salah satu pondasi penting untuk membangun peradaban bangsa. Dengan begitu, para dosen harus terus beradaptasi dengan kemajuan zaman dan teknologi.

“Kita berharap semua dosen maksimal” terangnya. 

Sementara itu, kegiatan ini terselanggara atas kerjasama Diktis Kementerian Agama dan LPDP. Pesertanya melibatkan 80 orang yang terdiri dari 18 orang dari UIN Satu Tulungagung sedangkan sisanya dari kampus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di Jawa Timur. Total kampus swasta yang terlibat 20 institusi. PKDP ini tidak luput dari peran UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Yakni, pada tahun 2021 bersama tim dari Diktis Kementerian Agama menggelar FGD untuk menyusun konsep dasar tentang PKDP ini. 

Avatar
About Author

Amrullah Ali Moebin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *