Blog Opini Peristiwa

Prodi Manajemen Dakwah UIN SATU Agendakan Praktikum Walimatul Ursy

Avatar
  • May 31, 2024
  • 3 min read
  • 11 Views
Prodi Manajemen Dakwah UIN SATU Agendakan Praktikum Walimatul Ursy

Penghujung semester telah tiba, waktunya mahasiwa menjalankan kewajiban terakhir yakni Ujian Akhir Semester (UAS). Menariknya terdapat tugas ujian yang justru mengesankan dan menarik perhatian untuk dibahas. Adalah tugas Mata kuliah Praktek Khitobah yang diampu oleh Dr. Abdullah Safik, M. Fil dengan kreatif membebankan tugas ujian kepada mahasiswa untuk mengadakan praktik akad nikah beserta walimahnya. Ujian ini dibebankan kepada salah satu kelas di Program Studi Manajemen Dakwah UIN SATU Tulungagung. Ujian diselenggarakan pada Kamis Penghujung bulan Mei 2024. Praktik dan Ujian ini diselenggarakan di salah satu ruangan gedung KH. Arief Mustaqiem pada jam perkuliahan.

Meskipun acara pernikahan ini hanya praktek namun keberlangsungannya tidak menghilangkan nilai khidmah dan khusyu’. Seluruh Mahasiswa anggota kelas menjalankan tugas dan peran masing masing sesuai ketentuan yang sudah direncanakan. Berbagai hal dipersiapkan dengan sangat matang, mulai dari konsep acara, fasilitas penunjang kesuksesan praktikum hingga berbagai bentuk perlengkapan sebagaimana layaknya resepsi pernikahan seperti mahar, dekorasi, dan kostum. Kegiatan ini berhasil mendapatkan apresiasi, bukan hanya di kalangan Mahasiswa melainkan beberapa dosen di lingkungan Prodi Manajemen Dakwah. Bahkan Abdullah safik Pengampu mata kuliah tersebut sampai tidak menyangka acaranya disiapkan dengan sangat meriah.

Dalam pengantarnya di awal acara, Abdullah Safik mengatakan bahwa acara ini menjadi UAS pertama kali yang terunik di Prodi Manajemen Dakwah hingga beliau tidak menyangka akan di selenggarkan dengan sangat meriah. “Kalian semua keren, bahkan saya saja tidak kepikirin UAS kali ini semeriah ini, saya mengira hanya praktek biasa dengan diisi sambutan dan mauidhah hasanah saja. Tapi ternyata kalian menyiapkan sangat baik acara ini, sampai ada dekorasi, seserahan, mahar dan lain sebagainya” Komentarnya.

Konsep kegiatan ini dilakukan sebagaimana lazimnya di acara pernikahan. Acara dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dilantunkan oleh wardatul Jamilah, dilanjut prosesi praktek akad nikah oleh pengantin pria, yang kemudian dilanjutkan dengan proses resepsi pernikahan. Mulai dari prosesi temu manten dan penukaran kembang mayang, sambutan wali dari keluarga kedua mempelai dilanjut Mauidhah Hasanah dan doa serta ditutup dengan ramah tamah dan evaluasi. Dalam evaluasi tersebut Abdullah safik berpesan agar para Mahasiswa tidak puas diri atas pencapaian yang sudah dilakukan pun beliau juga memberi semangat kepada semua Mahasiswa untuk terus menekuni dan mengambangkan kemampuannya.

“Alhamdulillah acara ini sudah selesai dengan sangat baik dan acara ini juga merupakan penutup mata kuliah kita (Praktek Khitobah) pada semester ini, semoga bisa bertemu lagi di semester depan. Kalian semua sudah keren-keren bisa melaksakan tugas dan perannya dengan baik. Dan perlu diingat jangan puas diri terlebih dahulu karena di atas langit masih ada lagit. Jadi terus semangat belajar, kembangkan potensi dan kemampuan kalian semua. Semoga apa yang kita pelajari di semester ini bermanfaat” begitu pungkasnya di akhir pertemuan.

Avatarkhodijatul mukarromah

Avatar
About Author

khodijatul mukarromah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *