Opini

7 Alasan Kenapa Harus Kuliah di UIN Tulungagung dan Cara Daftarnya

  • February 18, 2024
  • 4 min read
  • 30 Views
7 Alasan Kenapa Harus Kuliah di UIN Tulungagung dan Cara Daftarnya

Kuliah menjadi impian banyak anak muda karena memberikan peluang karir yang lebih baik di masa depan. Tapi banyak diantaranya yang harus mengubur impiannya untuk kuliah karena berbagai alasan, terutama karena alasan biaya. Untuk kalian yang baru lulus sekolah menangah dan masih bingung mencari tempat kuliah yang terjangkau tapi tetap berkulaitas, kalian bisa mulai mempertimbangkan untuk kuliah di UIN SATU Tulungagung. Lantas kenapa harus memilih kuliah di UIN SATU Tulungagung? Berikut beberapa alasan untuk kalian pertimbangkan.

  • Biaya Hidup Terjangkau

Kalau Anda sedang mencari tempat kuliah yang berkualitas dengan biaya hidup yang murah, maka UIN Tulungagung adalah pilihannya. Tempat kos atau kontrakan, makanan dan biaya hidup lainnya masih sangat terjangkau di Tulungagung. Tidak gheran jika kini kota Tulungagung adalah “rumah” bagi puluhan ribu mahasiswa yang sedang kuliah di UIN SATU Tulungagung.

  • Fasilitas Kampus memadai

Sarana dan prasarana UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung adalah kampus yang sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern. Hampir semua kelas perkuliahan dilengkapi dengan Smart TV, memiliki perpustakaan yang lengkap, laboratorium, hingga sarana olahraga. UIN Tulungagung juga sudah ramah difabel. Bahkan mahasiswa bisa menggunakan lift untuk naik dan turun gedung perkuliahan.

  • Smart Campus

UIN SATU Tulungagung adalah kampus yang sudah mengusung smart campus. Semua kegiatan bisa dilakukan secara online. Mulai dari pendaftaran mahasiswa, pembayaran UKT, E-learning, ujian hingga penilaian bisa dilakukan secara online.

  • Pendidikan Integratif

UIN SATU Tulungagung tidak hanya berfokus pada mata kuliah umum saja, tapi juga memperdalam pendidikan keislaman. Nuansa pondok pesantren juga terasa di lingkungan UIN Tulungagung, di mana setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan Madrasah Diniyah. Program ini dilaksanakan setiap pagi mulai pukul 07.00 hingga jam 08.30. UIN SATU tentu cocok untuk kalian yang ingin kuliah sembari memperluas ilmu agama.

  • Banyak pilihan Prodi

UIN SATU Tulungagung kini memiliki 4 Fakultas dengan total 45 program studi. Di tahun-tahun yang akan datang, UIN SATU Tulungagung berencana menambah fakultas dan berbagai program Studi. Selain program studi, UIN SATU juga memiliki berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang melengkapi pendidikan akademis, termasuk organisasi mahasiswa, klub, dan acara sosial.

  • UKT Terjangkau

Jika Anda menginginkan pendidikan murah tapi tidak murahan, UIN SATU Tulungagung tentu menjadi opsinya. Dengan fasilitas yang sangat memadai, biaya hidup yang terjangkau dan UKT yang ringan, sepertinya tidak perlu berfikir panjang untuk kuliah di UIN SATU Tulungagung. Ya, dengan kuliah di UIN Tulungagung Anda bisa mendapatkan semuanya.

  • Beasiswa Melimpah

Belum cukup dengan UKT yang ringan? Tenang, UIN SATU Tulungagung juga memberikan banyak beasiswa pada para mahasiswanya. Beberapa beasiswa yang ditawarkan antara lain beasiswa kerja, beasiswa penghafal qur’an, beasiswa mitra, beasiswa peningkatan prestasi dan akademik, serta keringanan UKT sampai dengan 0 rupiah bagi mahasiswa yatim, piatu, yatim piatu dan tahfizh 30 juz.

Lantas bagaimana seleksi penerimaan calon mahasiswa baru UIN SATU Tulungagung? Berikut beberapa jalur yang bisa menjadi pilihan jika berminat masuk ke UIN SATU Tulungagung:

  • SPAN PTKIN

Proses SPAN-PTKIN, yang diikuti oleh 59 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Pada jalur ini, setiap calon mahasiswa dapat memilih jurusan yang termasuk ke dalam kategori fakultas keagamaan. Semua satuan pendidikan bisa mendaftarkan para siswanya untuk mengikuti seleksi jalur SPAN-PTKIN. Untuk pendaftaran SPAN-PTKIN sendiri akan dibuka pada tanggal 12 Februari hingga 15 Maret 2024 melalui https://span.ptkin.ac.id.

  • UM PTKIN

Jalur kedua adalah UM-PTKIN. Pelaksanaan jalur seleksi UM-PTKIN sepenuhnya menggunakan Sistem Selesksi Elektronik (SSE). Calon mahasiswa dapat memilih 3 program studi yang berbeda dari 59 PTKIN yang ada. Pendaftaran UM-PTKIN sendiri akan dibuka pada tanggal 17 April sampai 15 Juni 2024 melalui https://um.ptkin.ac.id.

  • SPMB Mandiri

SPMB Mandiri atau Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri dilaksanakan secara mandiri oleh kampus UIN SATU Tulungagung. Proses seleksi ini memiliki beberapa jalur, yakni: Pertama Mandiri Ujian, yang dilakukan melalui tes tulis.

Kedua, Mandiri Prestasi, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri bagi pendaftar yang memiliki prestasi sains, seni, olahraga, dan keagamaan.

Ketiga, Mandiri Portofolio, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan mempertimbangkan nilai hasil tes UM PTKIN pada tahun yang sama.

Keempat adalah Mandiri Kerjasama yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama dengan lembaga/instansi mitra, baik dalam negeri maupun luar negeri.

About Author

Didin Wahyudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *